ESSAY

Writer / NIM
RAHMIN ANUKA / 451411046
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Advisor 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstract
Rahmin Anuka. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Materi Lingkungan Di SMA N 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo". Masalah utama penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode/model pembelajaran yang sesuai serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe make a match sebagai model dalam pembelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match maka hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA N 1 Tibawa kabupaten Gorontalo akan meningkat . Jumlah siswa yang dikenai tindakan yaitu 31 orang siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tibawa tahun ajaran 2015-2016. Dalam pengumpulan data digunakan lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar.. dalam Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan dari 31 orang siswa ada 15 orang siswa atau 48% memperoleh skor minimal 78, sedangkan 16 orang siswa atau 51% memperoleh skor kurang dari 78%. Ini menunjukkan bahwa presentase keberhasilan pada siklus I belum mencapai indikator ketuntasan yang ditetapkan. Sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II. Kekurangan-kekurangan pada siklus I selanjutnya diperbaiki dan disempurnakan pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan dari 31 orang siswa ada 29 orang siswa atau 93% memperoleh skor minimal 78, sedangkan 2 orang siswa atau 6% memperoleh skor kurang dari 78. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA N 1 Tibawa Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Kooperatif Tipe Make a Match
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011