ESSAY

Writer / NIM
MARZUKI IS. HUMENA / 451411053
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Advisor 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstract
ABSTRAK Marzuki Is Humena. 2016. Pengaruh Penerapan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Lingkungan Hidup di SMA Negeri I Tibawa Kabupaten Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sunarty S. Eraku, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Eng. Sri Maryati, S.Si, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dimana bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan model pembelajaran Numbered Head Together. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain penelitian Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri I Tibawa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Penggumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrument tes dengan bentuk tes uraian. Tes masing-masing diberikan pada siswa yang yang berada pada dua kelas yang menjadi sampel yakni yang berada di kelas eksperimen dan di kelas kontrol sebanyak 2 kali yaitu posttest setelah diberikan perlakuan. Secara statistik data rata-rata skor kemajuan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing (kelas eksperimen) dan kelas yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (kelas kontrol) diuji perbedaan menggunakan teknik uji t untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing (kelas eksperimen) dan kelas yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (kelas kontrol) dan uji Gain ternormalisasi untuk kemajuan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh bahwa thitung > ttabel yakni thitung = 6,1458 dan ttabel = 2.000, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Untuk uji gain sendiri diperoleh hasil pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing (kelas eksperimen) sebesar 0,60 dan pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (kelas kontrol) sebesar 0,45, sehingga disimpulkan bahwa kemajuan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan kelas yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together meski secara empiris masih termasuk indeks gain kategori sedang. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing, model pembelajaran Numbered Head Together, Hasil Belajar Siswa ABSTRACT Marzuki Is Humena. 2016. The Influence of Snowball Throwing Type of Cooperative Learning Model towards Students' Learning Achievement in Life Environment Topic of Geography Subject at SMA Negeri 1 Tibawa, District ff Gorontalo. Principal supervisior is Dr. Sunarty S. Eraku, S.Pd and Co-Supervisior is Eng. Sri Maryati, S.Si. Bachelor Study Program of Geography Educations, Department of Earth Science and Technology, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University Of Gorontalo. This is an experimental research which aims at investigating if there is any significant difference between learning achievement of students treated by Snowball Throwing type of Cooperative learning model and those treated by Numbered Head Together learning model. It applies Posttest Control Group Design. Population is grade XI IPS students in SMA Negeri 1 Tibawa. Samples are determined by Cluster Random Sampling technique. Data have been collected by test as instrument in from of essay test. Posttest is given twice to each of the two sample classes, control class and experimental class after actions is given. Statisticaly, average score of students' learning achievement progress between class treated by Snowball Throwing type of Cooperative learning model (Experimental Class) and class treated by Numbered Head Together learning model (Control Class) has been tested its difference by applying t test technique to investigate if there ini any significant difference between learning achievement of students treated by Snowball Throwing type of Cooperative learning model (Experimental Class) and those treated by Numbered Head Together learning model (Control Class). Meanwhile, normalized Giant test is to test students' learning achievement progress. Hypothesis test result obtains that tcount > ttable, tcount = 6,1458 and ttable =2.000. Thus, H0 is rejected and H1 is accepted which means that there is a significant difference between learning achievement of students treated by Snowball Throwing type of Cooperative learning model and those treated by Numbered Head Together learning model. Gain test obtains that result of class treated by Snowball Throwing type of Cooperative learning model (Experimantal Class) is 0,60 and result of class treated by Numbered Head Togother learning model (Control Class) is 0,45. Therefore, it can be concluded that learning achievement of students treated by Snowball Throwing type of Cooperative learning model is higher than those treated by Numbered Head Together learning model eventhough, empirically, it is still included in gain index with moderate category. Keywords: Snowball Throwing type of Cooperative Learning Model, Numbered Head Together Learning Model, Students' Learning Achievement.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011