ESSAY

Writer / NIM
SELVIYANA ULOLI / 451411064
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Advisor 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstract
ABSTRAK Selviana Uloli (2015). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi (Studi Penelitian di Kelas X SMA Negeri Tibawa). Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian (ITK). Fakultas Matematika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Prof. Dr. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II : Ahmad Zainuri, S.Pd, M.T Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Pada dasarnya penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Berdasarkan jenisnya, ada 2 variabel yang diteliti yaitu kepercayaan diri (X) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi (Y). Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tibawa sebanyak 53 orang yang tersebar pada 8 kelas. Instrumen digunakan adalah angket dan hasil belajar. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas untuk mengetahui apakah data tersebut berdistribusi normal atau tidak. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi yang ditunjukkan oleh nilai (rxy) sebesar 0,4097 dan nilai signifikan (t) sebesar 3,209. Hubungan yang cukup berarti antara kepercayaan diri dengan hasil belajar geografi yang ditunjukkan oleh koefisien determinasi (r2) sebesar 0,1679. Hal ini berarti ada sebesar 16,79% kontribusi tingkat kepercayaan diri (X) terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran geografi (Y) melalui persamaan regresi Y = 60,23 + 0,69X. Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Hasil Belajar Geografi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011