ESSAY

Writer / NIM
FITWIAWATI UMAR / 451411085
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstract
ABSTRAK Fitwiawati Umar, 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Geografi, Skripsi, Prodi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd, Pembimbing II Dr. Eng. Sri Maryati, S.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Materi Hidrosfer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA N 1 Popayato Kelas X Tahun Ajaran 2014/2015. Desain peneitian yang digunakan Posttest Only Control Design. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes. Skor rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray adalah 31,93, dan skor hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share adalah 23,68. Selanjutnya data diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statis Chi-kuadrat = 0,05. Dengan hipotesis yang diperoleh thitung > tdaftar yakni thitung = 9,50 dan tdaftrar = 2,02 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan pengujian statistik disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Kata Kunci : Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu, Think Pair share, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011