ESSAY

Writer / NIM
TRI YULIANTI HARUN / 451411102
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Abstract
ABSTRAK TRI YULIANTI HARUN, 2015. Hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Dungaliyo. Skripsi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, program studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing (1) Dr. Nawir Sune, M.Si, (2) Dr. Sunarti S.Eraku, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Dungaliyo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Pengambilan sampel menggunakan sampel populasi yaitu jumlah sampel sebesar 100% dari total populasi siswa di kelas XI IPS sebanyak 60 orang. Data variabel X (kemandirian belajar) diperoleh berdasarkan angket (kuesioner), sedangkan untuk variabel Y (hasil belajar) berdasarkan tes hasil belajar geografi. Dari koefisien korelasi product moment sebesar 0,7488 dan menghasilkan koefisien determinasi 56,07%. Ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar sebesar 56,07% dapat menentukan hasil belajar siswa sedangkan sisanya 49,33 dapat dipengaruhi oleh faktor lain seperti motivasi, sarana dan prasarana, disiplin lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, guru, dan lainnya. Kata kunci : kemandirian belajar, hasil belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011