ESSAY

Writer / NIM
NI KADEK SRI MURTIASIH / 451411108
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Advisor 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstract
ABSTRAK Ni Kadek Sri Murtiasih. Nim. 451 411 108. Judul " Hubungan antara Gaya Berpikir Divergen dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi (Suatu Penelitian di Kelas X SMA Negeri 1 Dungaliyo)". Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II Nurfaika, S.Si, M.Sc. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui hubungan antara gaya berpikir divergen dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 di SMA Negeri 1 Dungaliyo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah 173 orang siswa yang terdiri dari 6 kelas yaitu dari Kelas XA, XC, XD, XE, XF, dan XG. Sampel penelitian diambil 55% dari setiap kelas, dari XA diambil 10 orang, XC diambil 10 oarang, XD diambil 9 orang, XE diambil 8 orang, XF diambil 9 orang serta XG diambil 9 orang. Dari hasil pengujian normalitas data Gaya Berpikir Divergen dengan Hasil Belajar Siswa diperoleh nilai Lhitung = 0,106, Ltabel untuk n=55 dengan taraf nyata =0,05 adalah 0,119. Lhitung < Ltabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa data berasal dari populasi berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji koefisien korelasi (r), dari perhitungan diperoleh nilai 0,691 ini menunjukan terdapat hubungan yang positif antara gaya berpikir divergen dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Kata Kunci: Gaya Berpikir, Hasil Belajar Geografi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011