ESSAY

Writer / NIM
NIGITA GAGA / 451411111
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstract
Nigita Gaga, 2015. Pengaruh model pembelajaran generatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi, Skripsi, Prodi pendidikan geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.pd, Pembimbing II Ahmad Zainuri, S,pd, M.T Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran generatif lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Populasi pada penelitian ini adalah jumlah keseluruhan siswa kelas XIPS SMA Negeri 1 Kabila dan yang dijadikan sampel sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XIPS5 dan yang dijadikan sampel kelas kontrol yaitu kelas XIPS2. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes uraian yang berjumlah 7 butir soal untuk masing-masing kelas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data hasil pengujian normalitas dan homogenitas dengan menggunakan chi-kuadrat = 0,05 kedua kelompok tersebut berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil analisis data diperoleh hasil pengujian hipotesis thitung > ttabel = 1,94 > 1,67 dengan demikian Hipotesis nol (H0) ditolak dan H1 diterima, yang artinya hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran generatif lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Kata Kunci : Model Pembelajaran Generatif, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011