ESSAY

Writer / NIM
SRIWAHYUNI SY. TIMUMUN / 451412017
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dengan yang menggunakan model pembelajaran langsung pada materi lingkungan hidup dan pelestariannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Posttest Control Group Design. Teknik data dikumpulkan dengan menggunakan ter hasil belajar yang diberikan pada kedua kelas yang menjadi sampel penelitian, yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang diberikan perlakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Adapun instrument yang digunakan berupa tes dalam bentuk tes esai sebanyak 7 butir soal. Analisis data menggunakan kriteria pengujian hipotesis, yaitu jika thitung < ttabel maka H0 diterima dan H1 ditolak. Sedangkan, jika thitung > ttabel maka H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel atau 1,82 > 1,67. Hal ini berarti hipotesis alternatif H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Kata Kunci : Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), Hasil Belajar Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011