ESSAY

Writer / NIM
ASRIN NTOI / 451413002
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Advisor 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstract
Asrin Ntoi. 2017. NIM 451 413 002 "Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Al-Qur'an pada materi Dinamika Kependudukan di Indonesia ". Skripsi Program studi SI pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorotalo. Dosen pembimbing Dr. Fitryane Lihawa, M.Si selaku Pembimbing I dan Dr.Eng.Sri Maryati, S.Si selaku Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Al-Quran pada materi Dinamika Kependudukan di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) 4D yakni Define (Analisis Kebutuhan), Design (Perancangan Produk), Development (Validasi dan Uji Coba Produk) dan Dissemination (Belum Dilakukan Dalam Penelitian Ini). Uji validitas dilakukan melalui validator isi yang dilakukan oleh tim ahli yakni ahli agama/Al-Quran, ahli bahasa dan ahli materi yang terdiri dari dosen dan guru serta uji validitas empiris dilakukan dengan mengukur respon minat siswa terhadap bahan ajar geografi berbasis Al-Quran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif untuk hasil validasi ahli produk dan deskriptif kuantitatif untuk hasil respon minat siswa terhadap produk. Hasil penilaian bahan ajar yang telah divalidasi oleh masing-masing ahli menunjukan bahwa produk layak di gunakan untuk ujicoba. Uji coba terbatas diperoleh hasil persentase minat belajar siswa dengan kategori tinggi (T) 73,6% sedangkan pada uji coba general hasil persentase minat belajar siswa dengan kategori tinggi (T) 69,4%. Dengan demikian media pembelajaran berbentuk bahan ajar berbasis Al-Qur'an layak digunakan untuk pembelajaran geografi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Gorontalo dan Madrasah Aliyah Negeri Limboto. Kata kunci : Pengembangan, Bahan Ajar Geografi, Berbasis Al-Qur'an Asrin Ntoi. 2017. Student ID 451 413 002 "Developmentof Al-Qur'an Based Geography Learning Material in Topic of Population Dynamics in Indonesia". Skripsi Bachelor Study Program of Geographic Education, Depertement of Geo Science and Technologi, Factualy of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dr. Fitryane Lihawa, M.Si and Cosupervisor is Dr. Eng. Sri Maryati, S.Si. This research aims to develop Al-Qur'an Based Geography Learning Material in Topic of Population Dynamics in Indonesia. This is a Research and Development with 4D namely Define (Need Analysis), Design (Planning Product), Development (Validation and Trials of Product) and Dissemination (Not conducted in this research). Validity test is conducted Through contect validator done by expert team namely expert of religion/Al-Qur'an, expert of language and expert of topic comprises lecturers and teachers while empirical test is conducted by measuring students interest response towards Al-Qur'an based geography learning material. This is a descriptive qualitative research for result of students' interest response towards product. Result of learning material assessment validated by every expert reveals that the product is proper to be used for trials. Limited trials obtains percentage of students interest response with high (H) category for 73,6% while in general trials, the result is 69,4% or in high (H) category. Therefore, it can be concluded that Al-Qur'an based learning material is proper to be used for geography learning in Madrasah Aliyah (Islamic High School) Negeri 1 Gorontalo and Madrasah Aliyah Negeri Limboto. Keywords: Development, Geography Learning Material, Al-Qur'an Based.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011