ESSAY

Writer / NIM
LISTIANI ESTER H. UTOMO / 451413004
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Advisor 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstract
ABSTRAK LISTIANI ESTER H. UTOMO, (2017) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Diskusi Kelompok Diintegrasikan dengan Metode Pembelajaran Resitasi pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sumber Daya Alam di Kelas XI IPS-4 SMA Negeri 1 Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini berjumlah 23 orang siswa yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan dengan tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode diskusi kelompok diintegrasikan dengan metode pembelajaran resitasi pada mata pelajaran Geografi Materi Sumber Daya Alam di Kelas XI IPS-4 SMA Negeri 1 Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah (1) minimal 75% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai hasil belajar minimal 70. (2) kegiatan belajar mengajar yang dinilai melalui lembar pengamatan minimal mencapai kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 34,8% siswa yang tuntas (8 orang siswa yang memperoleh nilai 70 keatas dari 23 orang siswa). Hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai kriteria yang telah ditetapkan sehingga dilanjutkan pada siklus II. Hasil belajar pada siklus II ada peningkatan yang dicapai yaitu 95,7% siswa yang tuntas (22 orang siswa yang memperoleh nilai 70 keatas dari 23 orang siswa). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya, yaitu dengan menggunakan Metode Diskusi Kelompok diintegrasikan dengan metode pembelajaran resitasi pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sumber Daya Alam, maka hasil belajar siswa Kelas XI IPS-4 SMA Negeri 1 Boliyohuto meningkat. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode, Integrasi, Resitasi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011