ESSAY

Writer / NIM
NASRIN NARU / 451413018
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Advisor 2 / NIDN
Dr.Sc. YAYU INDRIATI ARIFIN, M.Si / 0030017802
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi melalui penerapan lesson study dalam pembelajaran geografi dengan mengunakan model pembelajaran jigsaw pada kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kabila. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), sampel penelitian berjumlah 30 orang siswa di kelas XI IPS Pada mata pelajaran Geografi. Hasil penelitian, bahwa pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II. Hasil analisis pada siklus I yaitu menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa dikenai tindakan dari 30 orang siswa terdapat 19 orang siswa 63,3 % dibawah nilai 70, sedangkan 11 orang siswa 36,6 % memperoleh nilai diatas dari 70 dengan nilai Rata-rata 6,61%. Kelas presentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus II dimana 30 siswa yang dikenai tindakan yang mencapai ketuntasan adalah 22 orang siswa (73,3%) memperoleh nilai diatas 70 dan 8 orang sisanya (26,6%) memperoleh nilai dibawah dari 70 dengan nilai rata-rata 8,31%. Simpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan penerapan lesson study dalam pembelajaran geografi dengan mengunakan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone-Bolango. Kata Kunci :Penerapan Lesson Study, Pembelajaran Jigsaw, Hasil Belajar Siswa. Abstrack. The study is aimed at improving students' learning achievement in geography subject through the implementation of lesson study with jigsaw learning model at the class of XI social science, SMA negeri 1 kabila. It applies classroom action research. The research samples are 30 students. Findings reveal that in cycle I, there are 19 out of 30 students or 63,3% who get scores of under 70 and 11 students or 36,6% get scores above 70 with the average value of 6,61%. Then, the number of students who complete the learning or get scores above 70 improves to 22 (73,3%) in cycle II, and the rest 8 students (26,6%) still get scores of under 70 with the average score of 8,31%. Therefore,it can be concluded that the implementation of lesson study with jigsaw learning model in geography learning can improve students' learning achievement at sma negeri 1 kabila, bone bolango District. Keywords: The Implementation of Lesson Study, Jigsaw Learning, Student's Learning Achievement.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011