ESSAY

Writer / NIM
NURFIANI KARIM / 451413034
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Advisor 2 / NIDN
Dr. Eng. SRI MARYATI / 0026038203
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dinamika dan masalah kependudukan melalui integrasi Model Pembelajaran Teams Assisted Individulization (TAI) dengan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) di SMA Muhammadiyah Batudaa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS1 dengan jumlah siswa yang diberikan tindakan selama penelitian sebanyak 25 siswa, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi, dan pemberian tes pada akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian siklus I menunjukan bahwa terdapat 16 dari 25 orang siswa yang memperoleh nilai diatas 75 (64%) dengan kategori sangat baik, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 36%. Presentase keberhasilan pada siklus I belum mencapai indicator kinerja yang telah ditetapkan, sehingga perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Hasil evaluasi tes hasil belajar pada siklus II terdapat 28 dari 25 siswa yang dikenai tindakan memperoleh ketuntasan dengan presentase sebesar (92%), dan siswa yang tidak tuntas (8%). Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah (73,2%) dan mengalami peningkatan pada siklus II (84,04%). Ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 64%, sedangkan pada siklus II menjadi (92%).
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011