ESSAY

Writer / NIM
ELISMIYANTI PAKAYA / 451413038
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Advisor 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstract
Elismiyanti Pakaya. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrosfer. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr.Fitryane Lihawa, M.Si, dan Pembimbing II, Ahmad Zainuri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada kelas yang diajarkan menggunakan kooperatif tipe Quick On The Draw dengan kooperatif tipe STAD pada materi hidrosfer di SMA Negeri 1 Tapa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitia Control Design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar kelayakan oleh para ahli yaitu ahli materi dari dosen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan perhitungan sederhana. Hasil penilaian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan tipe yang berbeda terjadi terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil tes siswa kelas eksperimen 80, sedangkan kelas kontrol hanya 60. Begitu juga dengan hasil hipotesi thitung = 4,57dan ttabel = 2,03 dan taraf signifikan 5% sehingga thitung = 4,57 > ttabel = 2,03. Pembelajaran geografi pada materi hidrosfer dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Quick On The Draw, Hasil Belajar, Hidrosfer
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011