ESSAY

Writer / NIM
TAUFIK ABDULLAH / 451413068
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstract
ABSTRAK Taufik Abdullah, 2020. Pengaruh penerapan model pembelajaran bersiklus (learning cycle) dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran bersiklus (learning cycle) dengan model pendekatan saintifik, dengan model pembelajaran bersiklus (learning cycle), menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang diberikan pada sampel penelitian, sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran bersiklus (learning cycle). Kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pendekatan saintifik. Hasil uji normalitas dan homogenitas kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis didapatkan > yaitu 4,45 > 2,42 artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran bersiklus (learning cycle) dengan pendekatan saintifik pada hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Gorontalo. Kata Kunci : Model Pembelajaran Bersiklus (Learning Cycle), Pendekatan Saintifik, Hasil belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011