ESSAY

Writer / NIM
USNI RAHMAWATI / 451413074
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Advisor 2 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Abstract
ABSTRAK Usni Rahmawati. 2017. Pengembangan bahan ajar geografi berbasis Al-Qur'an pada materi atmosfer. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Fitryane Lihawa, M.Si, dan Pembimbing II, Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar yang valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran yaitu berupa bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research And Development) 4D yakni Define (Analisis Kebutuhan),Design (Perancangan Produk), Development (Validasi dan Uji Coba Produk) dan Disemination (Belum Dilakukan Dalam Penelitian Ini). Data yang dianalisis adalah data validasi produk oleh ahli serta data uji coba produk yaitu data respon minat siswa dalam menggunakan bahan ajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan perhitungan sederhana. Berdasarkan hasil penelitian oleh ahli melalui lembar validasi yang telah diberikan kritikan dan saran bahwa bahan ajar geografi berbasis Al-Qur'an valid untuk dikembangkan di sekolah. uji coba terbatas yang memperoleh persentase respon minat siswa dengan nilai tertinggi pada kualifikasi sangat tinggi (ST) 27,79%, dan pada kualifikasi tinggi dengan persentase 72,23%. Sedangkan uji coba general memperoleh hasil persentase respon minat siswa tertinggi pada kualifikasi sangat tinggi 23,34% dan pada kualifikasi tinggi dengan presentase 76,68%. Berdasarkan hasil tersebut dengan demikian disimpulkan bahwa bahan ajar geografi berbasis Al-Qur'an valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran geografi SMA/MA kelas X pada materi Atmosfer. Kata Kunci : Pengembangan, bahan ajar, pembelajaran, geografi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011