ESSAY

Writer / NIM
NOVIA AYU LESTARI / 451416007
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Advisor 2 / NIDN
RUSIYAH, S.Pd, M.Sc / 0021068108
Abstract
ABSTRAK Novia Ayu Lestari, 2021. Pengaruh pembelajaran berintegrasikan Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Gorontalo (Suatu penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gorontalo). Skripsi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Ibu Dr. Sunarty S. Eraku., M.Pd sebagai Pembimbing 1 dan Ibu Rusiyah,.S.Pd.,M.Sc sebagai Pembimbing II. Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk melihat hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada materi Dinamika Kependudukan di Indonesia yang di integrasikan dengan STEM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain post test control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang diberikan pada sampel penelitian. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas XIb3 IPS sebagai kelas eksperimen sedangkan XIb5 IPS sebagai kelas kontrol. Pengujian normalitas data menggunakan uji statistic chi-kuadrat untuk pasangan hipotesis nol H0 dan tandingannya H1 dengan taraf signifikan ���± = 0,05. Hasil pengujian normalitas tes hasil belajar peserta didik menunjukan bahwa ���2hitung < ���2tabel yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 3,449 < 11,070 dan untuk kelas kontrol sebesar 1,023 < 9,488. Data hasil penelitian ini menunjukan bahwa kedua kelas tersebut dapat berdistribusi secara normal berdasarkan hasil pengujian normalitas data, maka rata-rata skor hasil belajar peserta didik dengan menggunakan statistic uji t maka hasil pengujian hipotesis didapatkan thitung > ttabel yaitu 6,58 > 2,02. Hasil ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Learning Cycle (5E). Kata Kunci: STEM, Project Based Learning (PjBL), hasil belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011