ESSAY

Writer / NIM
DESTRI HUDA / 451418008
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Advisor 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMA Negeri I Bone, kabupaten Bone Bolango, provinsi Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization materi dinamika hidrosfer dan dampaknya bagi kehidupan kelas X-ips 2. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada guru geografi dan siswa kelas X-ips 2, tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas kegiatan guru, lembar observasi untuk aktivitas siswa, kisi-kisi soal, lembar kegiatan peserta didik. Data yang dikumpulkan berupa hasil penelitian mengenai hasil pengamatan guru, hasil pengamatan pengamatan siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian dari kegiatan pembelajaran di sekolah terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II dengan masing-masing dua pertemuan setiap siklus. Hasil penelitian siklus I kategori pengamatan aktivitas guru mendapatkan nilai rata-rata 80%, hasil pengamatan aktivitas siswa kriteria sangat baik dan baik yaitu 34%, hasil belajar siswa mendapatkan nilai 37% atau 10 siswa yang tuntas dan 17 orang siswa tidak tunas. Hasil penelitian siklus II kategori pengamatan guru mendapatkan nilai rata-rata 80%, hasil pengamatan aktivitas siswa kriteria sangat baik dan baik mendapatkan nilai 78%, dan hasil belajar siswa mendapatkan nilai 85% atau 23 orang siswa yang tuntas. Penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas X-Ips 2 di SMA Negeri I Bone. Kata Kunci: Model pembelajaran TAI, Hasil belajar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011