ESSAY

Writer / NIM
EKI SALIKO / 451418014
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Advisor 1 / NIDN
Dr. NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Advisor 2 / NIDN
RUSIYAH, S.Pd, M.Sc / 0021068108
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada topik dinamika litosfer dengan Model Pembelajaran tipe Active Knowledge Sharing di SMA Negeri 1 Botumoito. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS-3 dengan jumlah siswa yang diberikan tindakan selama penelitian sebanyak 21 siswa, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan, Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi, dan pemberian tes pada akhir siklus pembelajaran. Berdasarkan tes hasil belajar siswa pada siklus 1 dari 21 siswa memperoleh nilai rata-rata 70 kemudian ketuntasan klasikal pada siklus 1 ada 6 siswa dari 21 orang yang tuntas dengan perolehan prensentase 29% dan 15 siswa tidak tuntas pada siklus 1dengaan perolehan presentase 71%. Kemudian Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 21 siswa memperoleh nilai rata-rata 81. kemudian pencapaian ketuntasan klasikal yaitu 19 siswa yang tuntas dengan perolehan presentase mencapai 90% dan 2 orang siswa yang belum mencapai ketuntasan dengan presentase 10%. berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa model pembelajaran tipe Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-IPS-3 di SMA Negeri 1Botumoito. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Active Knowledge Sharing
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011