ESSAY

Writer / NIM
KOSMASSANTO MODJO / 511305027
Study Program
D3 - TEKNIK SIPIL
Advisor 1 / NIDN
FADLY ACHMAD, S.T., M.Eng / 0021117702
Advisor 2 / NIDN
YULIYANTY KADIR, S.T., M.T. / 0030047202
Abstract
ABSTRAK Jalan merupakan prasarana transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk melakukan mobilitas keseharian sehingga volume kendaraan yang melewati suatu ruas jalan mempengaruhi kapasitas dan kemampuan daya dukungnya. Olehnya dalam pembuatan jalan diperlukan perencanaan yang matang untuk mendapatkan lapis perkerasan yang sesuai sehingga dapat memperpanjang umur pelayanan jalan itu sendiri, terutama pada jalan-jalan yang memiliki peranan vital dalam pembangunan suatu daerah. Metode perencanaan dalam menentukan lapis perkerasan jalan raya adalah dengan menganalisis nilai CBR tanah dasarnya.Daya dukung tanah dasar (subgrade) pada perencanaan perkerasan lentur dinyatakan dengan nilai CBR yang dapat dihitung dengan menggunakan alat Dynamic Cone Penetromer (DCP). Setiap segmen mempunyai satu nilai CBR yang mewakili daya dukung tanah dasar dan dipergunakan untuk perencanaan tebal lapisan perkerasan dari segmen tersebut. Nilai CBR segmen dapat ditentukan dengan cara analitis dan cara grafis. Nilai CBR yang didapat dari hasil pemeriksaan dengan alat DCP dihubungkan dengan data LHR dengan menggunakan grafik. Hasil dari penelitian diperoleh nilai CBRsegmen sebesar 3,4% pada ruas jalan Paguyaman-Tolangohula dengan nilai tebal perkerasan sebesar 51 cm yang direduksi menjadi 30 cm,terdiri dari lapis permukaan (surface course) 5 cm, tebal lapis pondasi atas (base course) 10 cm, dan tebal lapis pondasi bawah (subbase course) 15 cm. Kata kunci: Tebal perkerasan, CBR, DCP
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011