ESSAY

Writer / NIM
ORIYANTO S. SULUDANI / 511306025
Study Program
D3 - TEKNIK SIPIL
Advisor 1 / NIDN
Dr. INDRIATI MARTHA PATUTI, S.T., M.Eng. / 0013036904
Advisor 2 / NIDN
YULIYANTY KADIR, S.T., M.T. / 0030047202
Abstract
ABSTRAK Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang sering terjadi longsoran pada jaringan jalan, jaringan pengairan, dan daerah pemukiman. Tujuan penelitian tugas akhir ini adalah untuk mengetahui nilai faktor aman (F) lereng ruas jalan akses Pelabuhan Feri Kota Gorontalo. Analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Fellenius (metode sayatan). Berawal dengan mempelajari materi tentang kestabilan lereng yang dilakukan melalui studi pustaka, kemudian dilanjutkan dengan survei lokasi. Setelah semuanya selesai, dilanjutkan kembali untuk pengambilan sampel yang akan dilakukan pengujian labratorium berupa pengujian analisis distribusi ukuran saringan, pengujian batas cair dan plastis, untuk mengetahui jenis tanah dari lokasi, dan kemudian dilakukan pengujian berat volume dan uji geser langsung untuk mendapatkan faktor-faktor koreksi pada perhitungan faktor aman dengan cara Fellenius. Semua pengujian dilakukan di Laboratorium Teknik Sipil Universitas Negeri Gorontalo. Hasil perhitungan nilai faktor aman dengan metode Fellenius diperoleh kesimpulan bahwa lereng ruas jalan akses Pelabuhan Feri Kota Gorontalo mempunyai faktor aman F = 3,91 dan dikategorikan sebagai lereng stabil. Berdasarkan hasil yang diketahui, masih perlu adanya tinjauan kembali hal-hal yang berkaitan dengan perbaikan stabilitas lereng, misalnya dengan perkuatan tembok penahan atau dengan menggunakan angkur (lereng bertulang) agar lereng lebih aman lagi. Kata kunci: Longsor, Kestabilan Lereng, Metode Fellenius
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011