ESSAY

Writer / NIM
SRI WAHYUNI DEHI / 511413022
Study Program
S1 - TEKNIK SIPIL
Advisor 1 / NIDN
FRICE LAHMUDIN DESEI, ST., M.Sc / 0003097303
Advisor 2 / NIDN
FADLY ACHMAD, S.T., M.Eng / 0021117702
Abstract
INTISARI Sri Wahyuni Dehi, Karakteristik Marshall Campuran Aspal (AC-WC) Dengan Menggunakan Kapur Padam Sebagai Bahan Pengisi (filler). Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Frice L. Desei S.T,.M.Sc. Pembimbing 2 Fadly Achmad S.T, M.Eng. Aspal Beton sebagai bahan kontruksi jalan sudah lama dikenal dan digunakan secara luas dalam pembuatan aspal. AC-WC (wearing course) merupakan lapis perkerasan yang terletak paling atas berfungsi sebagai lapisan aus. Bahan pengisi (filler) berfungsi sangat penting untuk memodifikasi gradasi agregat halus dalam campuran beraspal sehingga kepadatan semakin meningkat. Daerah Gorontalo terbentuk beberapa bahan galian seperti : batu gamping dan bahan galian berupa emas dan tembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik Marshall campuran aspal (AC-WC) dengan menggunakan kapur padam sebagai bahan pengisi (filler). Metode yang digunakan adalah eksperimen dan analisis data yang digunakan mengacu pada Spesifikasi Umum Bina Marga Tahun 2010 (revisi 3) Berdasarkan pengujian, didapatkan kadar aspal rencana 5,5% dan untuk kadar aspal optimum sebesar 5,6%, dengan nilai variasi terbaik terdapat pada 0,5% dan nilai karakteristik sebagai berikut : Stabilitas (kg) = 1635,12 kg > 800, Flow (mm) 3,50 > 2, Marshall quetion (kg/mm) = 510,97 kg/mm , VIM (%) = 4,89% > 3%, VMA (%) = 15,87% > 15% , VFB (%) = 75,11% > 65%. Untuk nilai variasi 1%, 1,5% dan 2% masih dalam rentang batas minimum dan maksimum yang disyaratkan, tetapi jika semakin besar nilai variasi VIM, VMA, Stabilitas dan MQ menurun. Dapat disimpulkan kapur padam dapat digunakan sebagai alternatif bahan pengisi (filler) dalam campuran AC-WC. Kata Kunci : AC-WC, Kapur Padam, Filler ABSTRACT Sri Wahyuni Dehi. Marshall Characteristics of Asphalt Concrete - Wearing Course (AC-WC) Using the Hydrated Lime as Filler. Skripsi, Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Gorontalo. The Principal Supervisor is Frice L. Desei, S.T., M.Sc and The Co-supervisor is Fadly Achmad, S.T., M.Eng. Asphalt concrete as road construction material has long been known and widely used. AC-WC ( wearing - course) is the pavement structure located at the outer layer and function as a wear layer. Filler material is very important to modify the gradation of the fine aggregate within the concrete mixture to increase its density. This studi aims to find out the Marshall characteristics asphalt mixture (AC-WC) using the hydrated lime as filler. The method used is experimental and data analysis used refers to Bina Marga General Specification 2010, third revision. Based on the test of the 5,5% asphalt and for the optimum asphalt level of 5,6%, the characteristics were as follow : stability (kg) = 1635,12 kg > 800, flow (mm) = 3,50 mm > 2 mm, Marshall Quetion (kg/mm) = 510,97 kg/mm, VIM (%) = 4,89% > 3%, VMA (%) = 15,87% > 15%, VFB (%) = 75,11% > 65%. Compared to the specification of hot asphalt mixture, the hydrated lime can be used as alternative filler in AC-WC mixture composition. Keywords : AC-WC, Hydrated lime, filler.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011