ESSAY

Writer / NIM
ZULKIFLI SAPUTRA IBRAHIM / 511413038
Study Program
S1 - TEKNIK SIPIL
Advisor 1 / NIDN
FRICE LAHMUDIN DESEI, ST., M.Sc / 0003097303
Advisor 2 / NIDN
FADLY ACHMAD, S.T., M.Eng / 0021117702
Abstract
INTISARI Zulkifli S. Ibrahim 2018. Kajian Laboratorium Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC) Menggunakan Kapur Padam Sebagai Variasi Filler. Skripsi Program Studi S1, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Frice L. Desei, S.T.,M.Sc dan Pembimbing II Fadly Achmad S.T.,M.Eng. Pada masa sekarang pengembangan dalam mengatasi kerusakan-kerusakan pada lapis perkerasan AC-BC seperti pemakaian bahan pengisi (filler). Salah satu alternatif bahan pengisi yang dapat digunakan dalam campuran beton aspal yaitu kapur padam (hydrated lime). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kapur padam sebagai variasi filler. Jenis lapis perkerasan yang diteliti yaitu campuran Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dan teknik analisis data yang mengacu pada Spesifikasi Umum Kementrian Pekerjaan Umum Tahun 2010 (revisi 3). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan variasi filler pada kapur padam dengan persen kapur sebanyak 0.5%, 1%, 1.5%, dan 2% dari total agregat dengan nilai Kadar Aspal Optimum (KAO) sebanyak 5.3%. Berdasarkan hasil pengujian Marshall didapat nilai karakteristik dari setiap variasi kapur untuk campuran AC-BC. Nilai sifat-sifat marshall seperti stabilitas, VMA, VIM, dan MQ akan semakin menurun seiring bertambahnya jumlah variasi kapur dan untuk nilai kepadatan, flow, dan VFB akan meningkat jika bertambah jumlah variasi kapur. Pada variasi 2% nilai untuk sifat-sifat Marshall hanya nilai flow yang melebihi batas maksimum dari spesifikasi umum bina marga. Untuk variasi kapur 1.5%, 1%, dan 0.5% nilai sifat-sifat Marshall memenuhi spesifikasi tetapi variasi terbaik terdapat pada variasi 0.5% karena memiliki nilai stabilitas tertinggi. Kata kunci : Kapur padam (hydrated lime), Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011