ESSAY

Writer / NIM
UMMUL FITRAHTULHIJRAH / 512416006
Study Program
S1 - PENDIDIKAN VOKASIONAL KONSTRUKSI BANGUNAN
Advisor 1 / NIDN
HASMAH, S.Pd, M.Sn / 0025047801
Advisor 2 / NIDN
Ir. RAWIYAH HUSNAN, M.T. / 0027046408
Abstract
Ummul Fitrahtulhijrah. 2022. Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Ekonomi Teknik, (Studi Kasus Program Studi Mahasiswa Teknik Sipil Angkatan 2020 Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Hasmah S.Pd, M.Sn dan Pembimbing II: Ir. Rawiyah Husnan, M.T. Keefektivan peserta didik dalam belajar ialah permasalahan bernilai serta mendasar yang wajib dimengerti serta dikembangkan tiap guru dan dosen. Saat ini sistem pendidikan mengalami transisi yang amat drastis dikarenakan adanya wabah virus yang masuk ke Indonesia yang dikenal dengan nama Virus Corona atau Covid-19. Sehubungan itu dalam proses belajar mengajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran Daring (Dalam Jaringan). Untuk itu perlu dilakukan tinjauan kembali Untuk menganalisis pengaruh efektivitas pembelajaraan Daring terhadap hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Ekonomi Teknik Program Studi Teknik Sipil Angkatan 2020 di Universitas Negeri Gorontalo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Populasi yang diambil dalam penelitan ini berjumlah 32 mahasiswa. Teknik pengambilan data pada variabel pengaruh efektivitas pembelajaran Daring diperoleh melalui wawancara, sedangkan variabel Hasil Belajar mata kuliah Ekonomi Teknik diperoleh dari hasil ujian akhir semester ganjil 2021/2022. Teknik analisis data menggunakan metode wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Ekonomi Teknik dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran online memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa, karena berdasarkan data dari hasil analisis, persentase dengan predikat kualitas baik (B) sebesar 53%, yang mendapat nilai dengan predikat kualitas cukup (C) sebesar 41%, dan yang mendapat nilai dengan predikat kualitas gagal (E) hanya 6%. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Daring, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011