ESSAY

Writer / NIM
MOHAMAD NUR ABDUL RASYID / 521413011
Study Program
S1 - TEKNIK ELEKTRO
Advisor 1 / NIDN
LANTO MOHAMAD KAMIL AMALI, MT / 0004047704
Advisor 2 / NIDN
JUMIATI ILHAM, ST, MT / 0017107504
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis intensitas pencahayaan ruang kelas dan ruang laboratorium Fakultas Teknik kampus baru Universitas Negeri Gorontalo apakah telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) 03-6575-2001 tentang konservasi sistem pencahayaan pada sebuah gedung/bangunan. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan metode pengukuran langsung. Pengukuran dilakukan pada waktu pagi, siang dan sore hari pada keadaan cahaya alami (matahari) dan cahaya alami tambah cahaya buatan (lampu). Langkah pertama adalah melihat luas ruangan serta menentukan titik pengukuran. Langkah berikutnya mengukur intensitas cahaya menggunakan luxmeter disetiap ruang kelas dan laboratorium. Dan nilai pengukuran yang digunakan untuk membandingkan dengan standar SNI adalah hasil pengukuran pada kondisi cahaya alami serta cahaya alami dan cahaya buatan. Adapun standar yang direkomendasikan SNI untuk intensitas cahaya ruang kuliah adalah 250 lux, ruang computer 350 lux, laboratorium 500 lux dan ruang gambar 700 lux. Hasil penelitian dari pengukuran intensitas cahaya yang dilakukan pada waktu pagi hari yang tidak memenuhi standar SNI pada gedung C3 dengan jumlah ruangan 17 diperoleh 64%, Gedung C4 dengan jumlah ruangan 16 diperoleh 56% yang, gedung C5 dengan jumlah ruangan 7 diperoleh 57%, gedung C6 dengan jumlah ruangan 15 diperoleh 53 %. Hasil pengukuran yang dilakukan siang hari untuk gedung C3 dari 17 ruangan 52% yang belum memenuhi standar, gedung C4 dari 16 ruangan 68%, gedung C5 dari 7 ruangan 85%, gedung C6 dari 7 ruangan 46%, dan hasil pengukuran sore hari gedung C3 dari 7 ruangan 41%, gedung C4 dari 16 ruangan 89%, gedung C5 dari 7 ruangan 88%, dan gedung C6 dari 15 ruangan 73% yang belum memenuhi standar. Kata Kunci : intensitas pencahayaan, standar SNI, ruang kuliah, labortorium
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011