ESSAY

Writer / NIM
MOHAMAD BHAKTI AL ASYARI LAHINTA / 531307060
Study Program
D3 - MANAJEMEN INFORMATIKA
Advisor 1 / NIDN
AGUS LAHINTA, ST., M.Kom. / 0017087402
Advisor 2 / NIDN
MUKHLISULFATIH LATIEF, S.Kom., MT / 0010127701
Abstract
ABSTRAK Nafrijal Mokoginta Dan Moh. Bhakti Al–Asyari Lahinta. Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Komputer pada Jurusan Teknik Informatika Universitas Negeri Gorontalo. Tugas Akhir Program Studi Manajemen Informatika Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo 2012. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisa sistem serta merancang sebuah sistem terkomputerisasi untuk di gunakan pada sistem informasi manajemen laboratorium komputer dengan permasalahan yang ada yaitu pendataan inventaris yang ada didalam laboratorium belum terkoordinir dengan baik sehingga kerusakan komputer belum dapat langsung ditangani, proses pembuatan jadwal masih dalam bentuk dokumen dan belum disediakan soft copy sehingga mudah tercecer, serta peminjaman alat di laboratorium yang belum rutin dilakukan oleh mahasiswa perlu adanya suatu manajemen yang baik. Penelitian dilakukan dengan metode pengumpulan data yang dilanjutkan dengan analisis sampai pada perancangan sistem, dimana teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta studi pustaka. Kemudian merancang sistem dalam bentuk aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman Delphi 7 & database MySQL. Hasil penelitian menghasilkan sebuah rancangan sistem informasi untuk mengolah data dari proses pendataan sampai dengan bentuk laporan-laporan yang diberikan pada Ketua Jurusan Teknik Informatika. Dengan demikian diharapkan Sistem Informasi Manajemen Laboratorium ini dapat diterapkan pada Jurusan Teknik Informatika. ABSTRACT . Taufik Baruadi And Moh. Rizal Kasim. Customer Service Information System at PT. Mimoza Multimedia. Final Study Program Information Management Department of Informatics, Faculty of Engineering, State University of Gorontalo 2012. This study aims to find and analyze the system and re-designing a computerized system based on the sms gateway for use on customer service information systems with existing problems and limitations of employees and pre-existing system has not been organized properly can result in the transaction queue. With the insistence of many customers, employees at those companies often make errors in manage existing applications. Research carried out by the method of data collection followed by analysis to the design of the system, where data collecting technique done by observation, interview and book study. Then design the system in the form of sms gateway based applications using the programming language Delphi 7 & MySQL database. The results produce an information system designed to process data from the data collection process until the form of reports given at the head of PT. Mimoza Multimedia. It is expected this Customer Service Information System can be applied to the PT. Mimoza Multimedia.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011