ESSAY

Writer / NIM
DEYA ARZUNINGSIH TAHA / 531408020
Study Program
S1 - SISTEM INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
AGUS LAHINTA, ST., M.Kom. / 0017087402
Advisor 2 / NIDN
ARIP MULYANTO, M.Kom / 0023037603
Abstract
Pemasaran merupakan salah satu bidang yang sangat memerlukan bantuan teknologi. Internet merupakan salah satu solusi untuk memecahkan masalah tersebut dimana website dapat membantu perusahaan untuk memperluas jangkauan pasar, karena dengan website, konsumen dapat berhubungan langsung dengan penjual tanpa perbedaan jarak dan waktu. Tingkat usability yang tinggi pada website merupakan hal yang harus dipenuhi agar website tersebut mencapai tujuan awal pembuatannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan usability sistem pemasaran online dengan menerapkan metode User Centered Design (UCD). Penerapan metode UCD dilakukan dengan melaksanakan kuisioner, focus group, interview, task modeling dan prototyping yang juga dipadukan dengan pengukuran tingkat usability yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan. Data awal dan data akhir diperoleh dengan interview dan dengan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan dan pihak perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas website pemasaran onlinedilihat dari matriks performasi yaitu dapat dikatakan telah efektif dan efisien, dan untuk hasil matriks performasi sebesar 86.41% atau dengan nilai 674. Jika diterapkan range antara 156-780 (tidak baik – sangat baik), maka website ini berada pada kategori baik. Dengan demikian penerapan metode UCD dapat meningkatkan usability sistem pemasaran online. Kata Kunci : Sistem Pemasaran Online, User Centered Design (UCD), Usability, focus group, interview, task modeling, prototyping.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011