ESSAY

Writer / NIM
WAHYUDIN ILIMULLAH / 531410114
Study Program
S1 - SISTEM INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
ARIP MULYANTO, M.Kom / 0023037603
Advisor 2 / NIDN
LILLYAN HADJARATIE, S.Kom., M.Si / 0017048001
Abstract
Kantor Samsat Kota Gorontalo merupakan perusahaan yang melayani masyarakat dalam hal penertiban surat tanda kendaraan bermotor (STNK), pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB), bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB), dan pembayaran sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ). Kurangnya informasi mengenai persyaratan pembayaran pajak kendaraan, biaya pajak kendaraan, dan informasi mengenai tanggal jatuh tempo pajak kendaraan kepada pelanggan merupakan masalah utama yang sering dihadapi oleh Kantor Samsat Kota Gorontalo. Tujuan penelitian yaitu menerapkan Customer Relationship Management (CRM) pada Kantor Samsat Kota Gorontalo untuk peningkatan pelayanan. Metode yang digunakan yaitu Framework of Dynamic CRM. Melalui Framework of Dynamic CRM akan ditentukan fitur-fitur CRM yang akan diterapkan pada sistem informasi. Metode penelitian menggunakan metode Research And Development. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi yang dapat membantu pelanggan dalam menerima informasi berupa pemberitahuan jatuh tempo pajak kenderaan.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011