ESSAY

Writer / NIM
ULFA RAHMAN / 531411002
Study Program
S1 - SISTEM INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
TAJUDDIN ABDILLAH, S.Kom., M.Cs / 0008127805
Advisor 2 / NIDN
LILLYAN HADJARATIE, S.Kom., M.Si / 0017048001
Abstract
Penerapan teori antrian untuk penyajian informasi manajemen pengukuran jumlah layanan optimum (teller) sehingga dari hasil yang diperoleh diharapkan dapat membantu untuk membuat keputusan terkait penambahan atau pengurangan fasilitas layanan (teller). Menggunakan ilmu sains teori antrian yang dapat membantu pihak bank dalam masalah pengadaan fasilitas layanan dan jumlah pelayanan yang lebih optimum dari sebelumnya. Hasil simpulan jumlah layanan optimum menunjukan bahwa antrian pada bank XYZ, jumlah teller sebanyak 3teller layak dalam proses antrian yang terjadi pada pihak Bank unit XYZ karena jumlah tersebut sudah sesuai dengan pertimbangan dari hasil pengukuran analisis formula yaitu nilai L (panjang antrian dalam sistem) dan pengujian jumlah layanan optimum yaitu nilai C1 (biaya pengadaan fasilitas per unit waktu menunggu) dengan C2 (biaya per unit waktu menunggu per pelanggan) pada model keputusan antrian harus ada penambahan 1 unit teller dari yang sebelumnya sebanyak 2 unit teller. Penambahan fasilitas 1 unit teller dikalikan dengan total biaya pengadaan yang hasilnya akan di informasikan oleh KA Unit ke bagian logistik Bank unit XYZ sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut terkait masalah manajemen pengadaan fasilitas layanan. Kata Kunci : Jumlah Layanan Optimum, Antrian, Informasi Manajemen.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011