Writer / NIM
NUZRAN FIRMANSYAH BOUTI / 531412016
Study Program
S1 - SISTEM INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
LILLYAN HADJARATIE, S.Kom., M.Si / 0017048001
Advisor 2 / NIDN
ROVIANA H DAI, S.Kom, MT / 0030018301
Abstract
Nuzran Firmansyah Bouti : Penanganan Laporan Pengaduan Masyarakat Di Ombudsman RI Perwakilan Gorontalo Melalui e-Report. Pembimbing 1 & Pembimbing 2 (Lillyan Hadjaratie, S.Kom., M.Si & Roviana H. Dai, S.Kom., MT)
Ombudsman RI merupakan lembaga negara yang bertugas menerima laporan dugaan maladministrasi. Ombudsman RI perwakilan provinsi Gorontalo menerima jumlah laporan yang cukup signifikan setiap tahunnya yaitu 122 laporan ditahun 2014, 138 laporan ditahun 2015 dan 146 laporan sepanjang tahun 2016. Tingginya beban penyelesaian laporan setiap Asisten mengakibatkan laporan-laporan jadi tidak tertanggulangi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengusulkan sebuah sistem yang dapat menjadi early warning system, reminder/pengingat sekaligus membantu dalam monitoring laporan baik oleh internal Ombudsman maupun masyarakat sebagai Pelapor. Sistem yang akan dibuat menggunakan fitur sms gateway dan sistem berbasiskan web. Hasil dari penelitian ini yaitu dibuatkannya aplikasi e-report yang bisa membantu Pimpinan dan Asisten dalam penanganan laporan pengaduan masyarakat setiap harinya.
Kata Kunci : Ombudsman RI Provinsi Gorontalo, e-Report, Laporan Pengaduan Maladministrasi.
Download files