ESSAY

Writer / NIM
RAHMAN LALU / 531412080
Study Program
S1 - SISTEM INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
ARIP MULYANTO, M.Kom / 0023037603
Advisor 2 / NIDN
EDI SETIAWAN, M.Kom / 0015057903
Abstract
Black House merupakan sebuah Toko yang menyediakan smartphone dan aksesoris samrtphone yang berlokasikan di Gorontalo. Black House berdiri pada tahun 2013 dengan pelanggan perharinya 1-3 orang dan saat tahun 2015 pelanggan di Toko Black House meningkat dari yang 3 pelanggan perhari menjadi 10-30 perharinya. Masalah yang dihadapai dalam bidang pelayanan pelanggan adalah belum adanya sistem yang dapat memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi type smartphone, asesoris beserta harganya dan sistem pemesanan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun aplikasi CRM ( Customer Relationship Management ) berbasis mobile untuk mengoptimalkan kinerja dalam pelayanan untuk pelanggan pada Toko Black House. Metode yang digunakan yaitu R&D atau Research and Development. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam penelitian ini yaitu PHP dan MySQL sebagai database. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan strategi CRM (Customer Relathionsip Managemet ) yang mempermudah pelanggan dalam mendapatkan informasi tentang produk dan memudahkan pelanggan dalam proses bertransaksi tanpa langsung datang ke Toko Black House Kata Kunci : Pelanggan, CRM, dan R&D
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011