ESSAY

Writer / NIM
ALAN S. DIDIPU / 531415024
Study Program
S1 - SISTEM INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
Prof. LANTO NINGRAYATI AMALI, Ph.D / 0002017206
Advisor 2 / NIDN
RAMPI YUSUF, S.Kom., MT / 0023108103
Abstract
Alan S. Didipu, Pengukuran Kualitas Kegunaan, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Interaksi Pada Sistem Informasi Manajemen Perjalanan Dinas (SIMPD) Dengan Metode Webqual 4.0. (Dibimbing Oleh Lanto Ningrayati Amali, Ph. D dan Rampi Yusuf, S.Kom, MT) Penggunaan website di Indonesia sangat bermanfaat karena digunakan sebagai media komunikasi, informasi, pendidikan, bisnis serta pemerintahan. Pada bidang pemerintahan misalnya, dengan adanya pemanfaatan teknologi sistem informasi membuat pelayanan serta pengelolaan data maupun informasi pada pemerintahan menjadi lebih efektif dan efisien. Dinas Provinsi Gorontalo merupakan salah satu dinas pemerintahan yang menyediakan layanan website untuk mengelola kegiatan pemerintahan, salah satunya website SIMPD. Pada website SIMPD belum melakukan evaluasi terkait dari kualitas kinerja website SIMPD. Disisi lain, kepuasan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu sistem, semakin berkualitas produk atau jasa yang diberikan, maka kepuasan pelanggan akan semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis pengaruh kualitas website terhadap pengguna menggunakan metode Webqual 4.0 dengan mengacu pada 3 variabel bebas yaitu Usability, Information Quality dan Service Interaction quality dan variabel terikat yaitu user satisfaction. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna dari SIMPD tiap OPD dengan sampel sebanyak 32 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Webqual Index, dan Regresi Linear. Hasil penelitian bahwa website SIMPD termasuk website yang mempunyai predikat kualitas sangat baik karena memiliki nilai Webqual Index yang sangat tinggi sebesar 87%. Pada hasil Uji Regresi Linear Berganda menunjukan bahwa variabel Usability dan Informatin Quality tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Berbanding terbalik dengan variabel Service Interaction Quality yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna karena memiliki nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Diharapkan dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan atau standar bagi pemerintahan, sehingga memotivasi untuk meningkatkan kualitas website SIMPD menjadi lebih baik lagi. Kata Kunci: Kualitas Website, Kepuasan Pengguna, Webqual 4.0, Webqual Index, Regresi Linear Berganda
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011