ESSAY

Writer / NIM
SUCHI FARHANIA PAKAYA / 531416092
Study Program
S1 - SISTEM INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
LANTO NINGRAYATI AMALI, Ph.D / 0002017206
Advisor 2 / NIDN
ABD. AZIZ BOUTY, M.Kom. / 0014108001
Abstract
INTISARI BUMN (Badan Usaha Milik Negara) merupakan badan usaha Negara yang memenuhi kebutuhan penduduk dalam menunjang pengembangan suatu Negara. Indonesia memiliki banyak BUMN yang bergerak dalam berbagai bidang. Salah satu BUMN yang ada adalah PT. PLN (Persero). Perusahaan ini bertugas untuk mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Dalam upaya meningkatkan kualitas pekerjaan dan pelayanan PT. PLN (Persero) diperlukan informasi yang cepat dan akurat yang dapat membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien. Untuk mencapai hal tersebut PT. PLN (Persero) telah memanfaatkan teknologi informasi yang dapat mendukung berbagai aktifitas. Salah satu teknologi informasi yang tersedia pada PT. PLN (Persero) yakni Layanan PLN Online yang dapat diakses melalui website http://www.pln.co.id. Layanan PLN Online adalah sistem informasi berbasis web yang dibuat khusus untuk pelanggan agar dapat melakukan berbagai transaksi tanpa harus datang ke kantor PLN dan menunggu antrian. Penerapan Layanan PLN Online masih belum berjalan dengan maksimal dikarenakan kurangnya respon dari pihak PT. PLN (Persero) karena tidak adanya notifikasi langsung ke pegawai pengelola sistem ketika adanya konfirmasi dari pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses bisnis Layanan PLN Online dan mengevaluasi sistem tersebut menggunakan HOT (Human - Organization - Technology) Fit Model. Model yang digunakan pada evaluasi ini yaitu HOT (Human - Organization - Technology) Fit Model karena mampu menjelaskan evaluasi secara konferhensif dengan pendekatan komponen inti sistem informasi, yaitu Human (Manusia), Organization (Organisasi), Technology (teknologi) serta kesesuaian di antara ketiga komponen tersebut mempengaruhi manfaat (Net Benefits) dari penerapan sistem informasi tersebut). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel saling mempengaruhi. Kata Kunci : Layanan PLN Online, Evaluasi, HOT Fit Model
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011