ESSAY

Writer / NIM
SITI FAUZIAH MOHAMAD / 531417039
Study Program
S1 - SISTEM INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
RAMPI YUSUF, S.Kom., MT / 0023108103
Advisor 2 / NIDN
ALFIAN ZAKARIA, S.SI., M.T., MCE / 0020059003
Abstract
Siti Fauziah Mohamad, Sistem Informasi Quick Response Dan Pengaduan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Kota Utara. (Dibimbing Oleh Rampi Yusuf, S.Kom, MT dan Alfian Zakaria, S.SI., M.T). Pengaduan masyarakat merupakan suatu bentuk partisipasi masyarakat untuk ikut berperan dalam membangun lingkungannya serta sebagai bentuk pengawasan terhadap kinerja instansi pemerintahan. Saat ini di Kantor Kecamatan Kota Utara belum memiliki layanan ataupun sistem pegaduan masyarakat. Maka perlu adanya suatu Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat untuk menyampaikan pengaduan masyarakat yang ditujukan khususnya untuk pemerintah Kecamatan Kota Utara dan aplikasi tersebut merespon cepat terhadap keluhan, saran, tempat penampung aspirasi, pertolongan pertama bagi masyarakat yang bersifat kemanusiaan dan darurat. Rancangan yang digunakan pada penelitian yaitu metode Prototype. Penelitian ini menghasilkan Sistem Informasi Quick Response Dan Pengaduan Masyarakat untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan pengaduan yang dikhususkan untuk pemerintah Kecamatan Kota Utara serta dapat mempercepat waktu pengaduan tersebut secara real time karena menggunakan Firebase Cloud Messaging (FCM) untuk merespon cepat terhadap pengaduan masyarakat itu sendiri dapat dibaca oleh staff kelurahan dan di teruskan ke pimpinan kecamatan untuk di proses pengaduan tersebut. Kata Kunci : Pengaduan, PWA, Prototype, Firebase Cloud Messaging (FCM)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011