ESSAY

Writer / NIM
RATNI ASIH ATIKA SARI / 532412002
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
ABD. AZIZ BOUTY, M.Kom. / 0014108001
Advisor 2 / NIDN
SALAHUDIN OLII, ST,.MT / 0031108103
Abstract
Ratni Asih Atika Sari, Nim. 532412002. "Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Di SMA Negeri 1 Randangan." Permasalahan yang sering dihadapi oleh siswa dalam mempelajari mata pelajaran TIK yaitu metode pembelajaran yang sifatnya konvensional sehingga siswa merasa jenuh dalam menerima materi yang disajikan oleh guru pengajar. Hal itu menyebabkan motivasi belajar siswa menurun dan nilai siswapun menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMA Negeri 1 Randangan dan membuat sebuah aplikasi multimedia pembelajaran interaktif menggunakan metode CAI (Computer Assisted Instruction). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Develpoment (penelitian dan pengembangan). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Randangan. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas diberikan treatment berbeda yaitu kelas eksperimen menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan multimedia pembelajaran interaktif meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) Nilai Posttest rata-rata pada kelas kontrol mencapai 69.50%. Sedangkan nilai posttest rata-rata untuk kelas eksperimen mencaapai 87.50%. (3) Respon siswa terhadap media tersebut positif dengan nilai respon mencapai 86,09 %. (4) Jika dilihat secara kualitas media, media tersebut dinyatakan sangat baik, hal ini terlihat dari ketuntasan belajar siswa yang mencapai 87,50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk multimedia pembelajaran interaktif ini telah memenuhi kaidah penelitian dan efektif dipakai dalam proses pembelajaran bagi siswa kelas X SMA N 1 Randangan. Kata kunci: Multimedia pembelajaran interaktif, Motivasi Belajar. ABSTRACT Ratni Asih Atika Sari, Student ID 532412002. "Interactive Learning Multimedia to Improve Students' Learning Motivation at Information and Communication Technology Subject at In SMA Negeri 1 Randangan." Problems often encountered by students in learning information and communication technology subject was the presence of conventional learning method which created boredom for students in grasping certain lesson from the teacher. The learning has decrased students' learning mutivation and even their score. The research aimed to improve students' learning motivation Information and Communication Technology subject through creating interactive learning multimedia application by using Computer Assisted Instruction method. The research applied Research and Development method, and its subjects were students at class X of SMA Negeri 1 Randangan. It employed experiment and control classes in which these classes were treated differently. The experiment class applied interactive learning multimedia while the control class applied conventional method. The research finding revealed that: (1) Implementation of interactive learning multimedia improved students learning motivation. (2) Average posttes score at control class was 69,50% while those who were at experiment class was 87,50%. (3) Students' response to the media was positive as shown by 86,09% score. (4) The quality of media showed a very good result. The refore, it can be concluded that the interactive learning multimedia product has med research procedure and is effective to be applied in the learning process for students of class X of SMA Negeri 1 Randangan. Keywords: Interactive learning Multimedia, Learning Motivation.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011