ESSAY

Writer / NIM
MISNA RIA / 532412004
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
ARIP MULYANTO, M.Kom / 0023037603
Advisor 2 / NIDN
ROCHMAT MOHAMMAD THOHIR YASSIN, S.Kom., M.Eng / 0020078303
Abstract
ABSTRAK Misna Ria ( Maci ) 532 412 004. "Implementasi Ujian Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Hasil UBK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Randangan". Skripsi Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Arip Mulyanto M.Kom dan Rochmad Moh. Thohir Jasin, S.Kom, M.Eng. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi ternyata sebagaian besar siswa Kelas VIII masih memiliki hasil belajar rendah. Fakta tersebut merupakan latar belakang dari penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui penerapan simulasi ujian berbasis komputer siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Randangan dengan menggunakan aplikasi SOCRATIVE. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah Kelas VIII SMP Negeri 4 Randangan sebanyak 33 siswa, terdiri dari 18 siswa Pria dan 15 siswa wanita. Instrumen yang digunakan adalah obsevasi, tes pilihan ganda dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan memperlihatkan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I mencapai nilai ketuntasan hanya 12 orang atau 36,36%. Berarti sekitar 21 orang atau 63,64% belum mencapai nilai ketuntasan minimal. Hasil tes yang dilakukan pada siklus II diperoleh persentase 84,85% atau 28 orang telah tuntas sedangkan yang belum tuntas hanya 5 orang atau 15.15%. dari hasil tersebut mengindikasikan bahwa telah terjadi peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Sehingga, pada siklus II ini dianggap telah berhasil dan tidak perlu lagi dilanjutkan pada siklus ke III karena telah mencapai Kriteri Ketuntasan Minimal (KKM). Kata Kunci : Simulasi Ujian Berbasis Komputer, Hasil Penelitian Tindakan Kelas ABSTRACT Misna Ria (Maci) 532 412 004. "An Implementation of Computer-Based Test to Improve Result of UBK of Class VIII Students of SMP Negeri 4 Randangan". Skripsi. Departemant of Information Technology Education, Faculty of Engineering, State University of Gorontalo. The principal supervisor is Arip Mulyanto, M.Kom, and the co-supervisor is Moh.Tohir Jasin, S.Kom., M.Eng. Based on interview and observation result, mostly students of class VIII remained to have less learning achievement. This fact has led the researcher to conduct this research as it aimed to know improvement of learning achievement through the implementation of computer based test simulation at class VIII students of SMP Negeri 4 Randangan through applying SOCRATIVE application. The research applied a Classroom Action Research.The research subjects were 33 students of the SMP Negeri 4 Randangan, including 18 males and 15 famales. The research instrument was observation, multiple choice, and documentation. The research data were analyzed qualitatively by showing improvement made at Information and Comunication Technology subject. The research finding showed that at cycle I, 12 students or 36,36% were passed while the rest 21 or 63,64% were not. Then, the result improved to 84,85% or 28 student at cycle II, yet 5 students or 15,15% remained to have not passed yet. The previous findings hsve shown significant improvement from cycle I to cycle II. Thus, the cycle II was considered successful, and next cycle was not needed as it reached Minimum Completeness Criteria. Keywords: Computer Based Test Simulation, Finding of Classroom Action Research
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011