ESSAY

Writer / NIM
LILI NUR INDA SARI DJAMALU / 532413025
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
EDI SETIAWAN, M.Kom / 0015057903
Advisor 2 / NIDN
RAMPI YUSUF, S.Kom., MT / 0023108103
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti efektifitas dari penerapan media pembelajaran Computer Assisted Instruction model Games pembelajaran Teknik Animasi 2 dimensi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Multimedia tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Sampling. Pengolahan data dilakukan dengan cara wawancara, tes dan angket. Data yang telah diperoleh melalui test kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Sedangkan analisi inferensial dilakukan dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Kemudian angket dianalisis menggunakan skala likert. Analisi deskriptif dilakukan melalui aktivitas siswa dalam pembelajaran serta data hasil belajar siswa yang dianalisis melalui table dengan mempresentasikan rata-rata. Hasil penelitian Pembelajaran mengunakan metode Computer Assisted Instruction model games dapat lebih efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil jawaban penilaian angket diperoleh presentase motivasi belajar siswa sebesar 83,67 % yang dikategorikan sangat baik Hasil belajar siswa di SMKN 1 Limboto pada mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi pada kelas eksperiman ( Menggunakan Media ) memiliki nilai yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar sebesar Sedangkan hasil belajar pada kelas control ( tanpa menggunakan media ) Sebesar = 39,13%. Yang dikategorikan rendah. Jadi pembelajaran menggunakan Media pembelajaran dengan Metode CAI model Games pada mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi berpengaruh positif pada pembelajaran siswa sehingga menjadikan pembelajaran menjadi lebih efektif dengan melihat motivasi siswa dan hasil belajar siswa yang meningkat. Kata Kunci : Computer Assisted Instructiom,Teknik Animasi 2 Dimensi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011