ESSAY

Writer / NIM
ULFA RAHMATIN / 532414001
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
Prof. LANTO NINGRAYATI AMALI, Ph.D / 0002017206
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD RIFAI KATILI, Ph.D / 0026056602
Abstract
Fakta di SMK Negeri 1 Suwawa bahwa dalam proses pembelajaran khususnya materi Logika dan Algoritma Komputer guru masih menggunakan buku teks atau modul dengan ciri khas berisi narasi yang panjang dan membosankan. Hal tersebut berdampak pada tingkat ketertarikan peserta didik dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Dari hasil wawancara yang dilakukan kepada guru yang mengajar materi tersebut menyatakan bahwa dalam proses pembelajaran siswa sering tidak mengikuti kegiatan pembelajaran sampai selesai. Pada saat proses pembelajaran berlangsung, sebagian siswa memilih keluar kelas dan tidak kembali lagi ke dalam kelas sampai jam pelajaran selesai. Dan dari hasil wawancara dengan siswa-siswa yang bersangkutan, diperoleh informasi bahwa selama proses pembelajaran guru hanya terpaku pada buku teks dan kurang melibatkan siswa, sehingga siswa merasa bosan dan tidak berminat untuk mengikuti pembelajaran. Sebagian siswa menganggap materi logika dan algoritma sulit untuk dipahami dan diterapkan sebab contoh-contoh kasus yang diberikah dalam buku teks jauh dari gambaran di dalam kehidupan nyata yang dekat dengan siswa. Pemahaman siswa yang rendah terhadap materi logika dan algoritma akan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut diperkuat dengan hasil uji pre test dengan menggunakan metode pembelajaran yang saat ini digunakan oleh guru dari sampel 10 siswa yang diuji 8 siswa nilainya tidak memenuhi KKM. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran dalam bentuk komik dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dan menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk komik dengan hasil penilaian kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi yang memperoleh hasil persentase kelayakan sebesar 91% dengan kategori ����¯�¿�½���¯���¿���½��..."sangat layak����¯�¿�½���¯���¿���½������, penilaian oleh ahli media diperoleh hasil persentase kelayakan sebesar 88% dengan kategori kelayakan ����¯�¿�½���¯���¿���½��..."sangat layak����¯�¿�½���¯���¿���½������, serta penilaian respon peserta didik sebagai pengguna media pembelajaran diperoleh hasil persentase kelayakan sebesar 91% dengan kategori ����¯�¿�½���¯���¿���½��..."sangat layak����¯�¿�½���¯���¿���½������. Dan dari hasil belajar nilai rata-rata post test lebih besar dan berbeda secara signifikan dengan nilai rata-rata pre test (84.00 > 62.00; dan t hitung 5.28 > t tabel 1.83). Maka media komik yang dikembangkan terbukti efektif berdasarkan pada pengujian terbatas terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dalam bentuk komik pada materi logika dan algoritma komputer layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan; Media Komik; Logika dan Algoritma Komputer
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011