ESSAY

Writer / NIM
AMIR FEBRIANTO SANGKO / 532414031
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
SALAHUDIN OLII, ST,.MT / 0031108103
Advisor 2 / NIDN
ROCHMAD MOHAMMAD THOHIR YASSIN, S.Kom., M.Eng / 0020078303
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan belajar siswa kelas X Ak 1 Smk Tridahrma Gorontalo yang didapati dari sebuah angket permasalahan belajar yang penulis berikan kepada guru kelas, adapun tujuan dari penelitian ini untuk membantu permasalahan siswa dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining. Berdasarkan Hasil penelitian, di peroleh hasil sebagai berikut, pada pra siklus, hasil belajar siswa memperoleh skor rata - rata 53,5 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 20% dengan kriteria kurang tercapai. Kemudian setelah menerapkan model student facilitator and explaining di peroleh hasil pada siklus I hasil belajar siswa mulai ada peningkatan yaitu mendapat skor rata - rata 72 dengan ketuntasan belajar klasikal 40% walaupun masih dalam kategori kurang tercapai, kemudian pad siklus II belajar siswa meningkat lagi dengan memeperoleh skor rata - rata 94,5, dengan ketuntasan klasikal 100% dengan kriteria tercapai. Demikian juga dengan aktivitas siswa selama siklus I dan siklus II terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining yaitu pada siklus 1 keaktivan siswa saat proses pembelajaran berlangsnung memperoleh nial 2,8 dengan kategori cukup baik, dan pada siklus II terjadi peningkatan kembali dengan nilai 4 dengan kategori sangat baik. Kata kunci: Simdig, model pembelajaran, SFAE
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011