ESSAY

Writer / NIM
KARIM R. BAHU / 532414043
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
Prof. LANTO NINGRAYATI AMALI, Ph.D / 0002017206
Advisor 2 / NIDN
SITTI SUHADA, S.Kom., MT / 0028057802
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengukur pengaruh metode pembelajaran fitur mind map pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar terhadap hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa masing-masing pada kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas control sebanyak 30 siswa. Kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran fitur mind map sedangkan pada kelas control menggunkan metode pembelajaran komvesnsional. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan separated varian, menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 58 diperoleh Thitung 7,65 > Ttabel 1,672, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran fitur mind map terhadap hasil belajar peserta didik dengan hasil aspek afektif dari kedua kelas dikategorikan baik, rata-rata kelas eksperimen 76% sedangkan pada kelas kontrol 69,17%.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011