ESSAY

Writer / NIM
MAUDY PUTERI HASAN / 532415001
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
AGUS LAHINTA, ST., M.Kom. / 0017087402
Advisor 2 / NIDN
MUKHLISULFATIH LATIEF, S.Kom., MT / 0010127701
Abstract
Kurangnya penggunaan media ajar khususnya media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran dapat mempengaruhi penyampaian materi belajar kurang efektif, dampaknya tidak tercapainya tujuan pembelajaran dilaksanakan guru dan mengakibatkan menurunnya nilai mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi, 2) untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini research and development model penelitian pengembangan modifikasi teori Borg dan Gall. Hasil uji validitas media pembelajaran interaktif oleh validator media dan validator materi diperoleh hasil sangat valid. Pada uji kepraktisan media oleh validator praktisi (guru) memperoleh hasil sangat praktis, dari siswa kelompok kecil memperoleh hasil praktis dan siswa kelompok besar memperoleh hasil sangat praktis. Hasil keefektifan sebelum dan setelah menggunakan produk berdasarkan instrumen tes pilihan ganda yakni pada pretest didapatkan hasil rata-rata 60.63 dan rata-rata pada posttest 84.06 dan berdasarkan angket respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif memperoleh hasil sangat efektif, sehingganya diperoleh kesimpulan bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran animasi 2 dimensi dan 3 dimensi memenuhi tingkat kelayakan dan proses pembelajaran.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011