ESSAY

Writer / NIM
NURLIANA R. TATU / 532415012
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
Dr. MOH. HIDAYAT KONIYO, ST., M.Kom. / 0016047303
Advisor 2 / NIDN
TAJUDDIN ABDILLAH, S.Kom., M.Cs / 0008127805
Abstract
Pembelajaran merupakan hal mendasar yang dilakukan setiap peserta didik dalam rangka menambah atau memperluas wawasan pengetahuan, dengan kata lain pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik supaya belajar dengan baik. Terwujudnya pembelajaran yang berkualitas tidak terlepas dari peran seorang pendidik untuk berusaha memberikan pembelajaran yang dapat dengan mudah peserta didik pahami, salah satunya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam melakukan proses pembelajaran salah satunya dengan menerapakan model pembelajaran Blended Learning. Penerapan model pembelajaran blended learning dalam pembelajaran pada materi gerbang logika dipandang relevan dalam rangka meminimalisir permasalahan yang dihadapi guru dan siswa di SMK Negeri 4 Gorontalo pasca pandemi covid-19 saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain nonrandomized control-group pretest-posttest design yang diadaptasi dari Isaac dan Michael (1971). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran konvesional pada siswa kelas kontrol mencapai persentase ketuntasan belajar sebesar 42% dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 14,38. Sedangkan untuk siswa kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran blended learning mencapai persentase ketuntasan belajar sebesar 88% dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 22,20. Hasil pengujian t-test pada penelitian menunjukkan harga thitung > ttabel (5,845 > 2,067) membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran blended learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi gerbang logika di SMK Negeri 4 Gorontalo. Kata Kunci: Blended Learning, konvensional, Gerbang Logika.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011