ESSAY

Writer / NIM
ISFA FEBRIYANI KARIM / 532415031
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
RAMPI YUSUF, S.Kom., MT / 0023108103
Advisor 2 / NIDN
ROCHMAD MOHAMMAD THOHIR YASSIN, S.Kom., M.Eng / 0020078303
Abstract
Isfa F. Karim. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Cisco IT Essentials Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Skripsi, Jurusan Teknik Informatika Program Pendidikan Strata-1 (S1) Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing 1 Rampi Yusuf, S.Kom, MT dan Dosen Pembimbing 2 Rochmat Mohammad Thohir Yassin, S.Kom., M.Eng. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan Cisco IT Essentials terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 siswa masing-masing pada kelas kontrol sebanyak 35 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 36 siswa. Pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan PowerPoint sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan Cisco IT Essentials. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan Cisco IT Essentials terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar. Kata kunci: Hasil Belajar; Cisco IT Essentials; Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011