ESSAY

Writer / NIM
APRILIA / 532416009
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
MUKHLISULFATIH LATIEF, S.Kom., MT / 0010127701
Advisor 2 / NIDN
SITTI SUHADA, S.Kom., MT / 0028057802
Abstract
Penelitian ini berawal siswa kurang fokus memahami pelajaran, dan kurangnya modul pada mata pelajaran sehingga siswa menggunakan media lain untuk mencari informasi. Tidak hanya itu, ternyata respon siswa juga terbilang sangat sedikit terhadap memberikan pertanyaan pada model pembelajaran tersebut dengan adanya model pembelajaran ini pihak sekolah berharap agar peserta didik mempunyai kemajuan dan mampu untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar sebagaimana yang di maksud dalam Project Based Learning. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Basis Data di SMK N 5 Gorontalo. Metode yang digunakan penelitian ini adalah eksperimen true experimental desain penelitian Pre-Test dan Post-test Control Group Design. Hasil analisis data yang diperoleh mengenai Pengaruh Penerapan Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Basis Data dapat diambil kesimpulan bahwa pada saat pembelajaran terdapat pengaruh antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan tidak menggunakan model pembelajaraan. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan nilai rata ���" rata uji t kelompok terpisah untuk hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 42,00 sedangkan untuk nilai rata ���" rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 78,00 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima , yang dinyatakan bahwa penggunakan model Project based learning berpengaruh yang signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Basis Data di SMK N 5 Gorontalo. Kata Kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Ekperimen.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011