Writer / NIM
ALFIYANITA / 532416038
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
MUHAMMAD RIFAI KATILI, Ph.D / 0026056602
Advisor 2 / NIDN
RAHMAN TAKDIR, S.Kom., M.Cs / 0031037903
Abstract
ABSTRAK
Alfiyanita. 2022, Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Di Smk Negeri 5 Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1- Pendidikan Teknologi Informasi, Jurusan Teknik Informatika, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Muh Rifai Katili, M.Kom., Ph.D. dan Pembimbing II Rahman Takdir, S.Kom, M.Cs.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode Deskriptif yang bertujuan (1) Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital di SMKN 5 Gorontalo.(2) Untuk menganalisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital di SMKN 5 Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian faktor-faktor kesulitan belajar siswa SMK N 5 Gorontalo dapat di simpulkan bahwa faktor internal pada aspek Fisiologi yaitu kondisi fisik siswa yang mudah lelah ketika belajar, aspek psikologi ialah kurangnya kuota belajar sehingga siswa tidak efektif untuk mengikuti pembelajaran secara daring. Sedangkan faktor eksternal pada aspek lingkungan keluarga kurangnya dukungan dari orang tua, kelengkpan fasilitas belajar belum lengkap,sering bertengkar dengan saudara, aspek lingkungan sekolah ialah kurangnya saran dan prasarana, dan aspek lingkungan masyarakat ialah kerukunan dilingkungan sekitar rumah masih kurang ramah, jaringan internet kurang bagus sehingga membuat pembelajaran daring tidak efektif.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar.
Download files