ESSAY

Writer / NIM
PANJI NUR IKSAN / 532416040
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
ARIP MULYANTO, M.Kom / 0023037603
Advisor 2 / NIDN
SALAHUDIN OLII, ST,.MT / 0031108103
Abstract
PANJI NUR IKSAN. Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas (dibimbing oleh Arip Mulyanto, M.Kom dan Salahudin Olii, ST., MT). Pembelajaran teknologi jaringan berbasis luas dengan metode pembelajaran teacher center mengakibatkan siswa menjadi kurang aktif dalam menyampaikan ide-idenya. Hal ini dapat dilihat ketika guru mengadakan diskusi di kelas hanya satu atau dua siswa yang sering mendominasi pembicaraan dan siswa lain hanya diam tidak mengutarakan pendapatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Time Token terhadap keaktifan belajar siswa. Metode penelitian adalah metode penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan pada model pembelajaran Time Token terhadap keaktifan belajar siswa. Secara keseluruhan rata-rata persentase yang diperoleh kelas kontrol adalah 65% tergolong kategori aktif, sedangkan rata-rata persentase yang diperoleh kelas eksperimen adalah 83% tergolong kategori sangat aktif. Selisih persentase antara keaktifan belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu sebesar 18%. Kata kunci: Keaktifan Belajar; Teacher Center; Model Pembelajaran Kooperatif Time Token.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011