ESSAY

Writer / NIM
AZHAR MIRZSA HUSAIN / 532416051
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
MANDA ROHANDI, S.Kom, M.Kom / 0014058301
Advisor 2 / NIDN
NIKMASARI PAKAYA, S.Kom., M.T / 0014028602
Abstract
Saat ini belum meratanya sekolah yang memiliki alat peraga dalam hal ini media pembelajaran matematika khususnya materi bangun ruang membuat penerapan pembelajaran menjadi terbatas dan kurang inovatif. Dan juga diketahui secara umum materi tersebut cenderung sulit dipahami oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran augmented reality (AR) sebagai media pendukung guru dan siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang tingkat SD. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode MDLC, dan menggunakan software unity blender dan vuvoria SDK sebagai penunjang dari media augmented reality 3D. Berdasarkan hasil uji kelayakan media pembelajaran oleh ahli media, dan tanya jawab dari siswa, diperoleh hasil penilaian dengan persentase nilai 90,4% dari dua orang ahli media termasuk dalam kategori Sangat Layak, 97,89% dari 3 orang guru sebagai ahli materi termasuk dalam kategori sangat layak dan 94,1% dari hasil wawancara terhadap 3 orang siswa SDN 3 Popayato. Sehingga media pembelajaran berbasis Augmented reality pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang dengan lokasi penelitian SDN 3 popayato layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011