ESSAY

Writer / NIM
RIFALDI ABAS / 532417016
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
ROVIANA H DAI, S.Kom, MT / 0030018301
Advisor 2 / NIDN
Dr. MOHAMMAD SYAFRI TULOLI, ST., MT. / 0025078202
Abstract
RIFALDI ABAS, Efektivitas Penggunaan Microsoft Teams Pada Pembelajaran Daring Di SMK Negeri 4 Gorontalo (dibimbing oleh : Pembimbing 1 Ibu Roviana H. Dai, S.Kom., MT, dan Pembimbing 2 Dr. Mohammad Syafri Tuloli, MT). Keefektifan media Microsoft Teams harus diketahui sebab jika media ini terus digunakan oleh pihak sekolah tanpa mengetahui keefektifannya khususnya pada mata pelajaran pemrograman dasar maka akan berdampak buruk bagi proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Microsoft Teams pada proses belajar mengajar pada mata pelajaran pemrograman dasar dikelas X TKJ SMK Negeri 4 Gorontalo, serta menganalisis efektivitas penggunaan Microsoft Teams pada pembelajaran daring di mata pelajaran pemrograman dasar kelas X TKJ SMK Negeri 4 Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian didapatkan berupa Penerapan Microsoft Teams dalam proses pembelajaran khususunya pada mata pelajaran pemrograman dasar sudah berlangsung baik. Sedangkan dari efektivitas Penerapan Microsoft Teams pada pembelajaran daring di SMK Negeri 4 Gorontalo di kelas X TKJ mata pelajaran pemrograman dasar sudah tergolong dalam kategori ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½���..."Efektif����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������, sebab kuesioner kemudahan penggunaan Microsoft Teams bagi siswa yang memperoleh rata ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½" rata presentase 74% Kategori Cukup Efektif,kuesioner kemudahan penggunaan Microsoft Teams bagi guru yang berada di rata ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½" rata presentase 87,95% Kategori Efektif, kemudian untuk kualitas pembelajaran yaitu berada pada presentase 82% Kategori Efektif , Terakhir nilai hasil akhir semester genap untuk kognitif menunujukan rata ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½" rata 81,55 sedangkan untuk nilai akhir keterampilan menunjukan rata ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½" rata nilai 80,35 kedua aspek tersebut termasuk kedalam kategori Efektif.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011