ESSAY

Writer / NIM
RISMANTO PORE / 532417019
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
SALAHUDIN OLII, ST,.MT / 0031108103
Advisor 2 / NIDN
MOH. RAMDHAN ARIF KALUKU, S.Kom, M.Kom / 0007048902
Abstract
ABSTRAK RISMANTO PORE. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Teknologi Augmented Reality Pada Topologi Jaringan di SMK Negeri 1 Boalemo. (dibimbing oleh Salahudin Olii, S.T., M.T, dan Moh. Ramdhan Arif Kaluku, S.Kom., M.Kom). Pemanfaatan teknologi Augmented Reality pada dunia pendidikan dapat meningkatkan minat dan antusias belajar dari peserta didik. Augmented Reality mampu merealisasikan dunia virtual ke dunia nyata, dapat mengubah obyek-obyek itu menjadi obyek 3D (tiga dimensi) sehingga metode pembelajaran tidaklah monoton dan siswa menajdi terpacu untuk menegetahui lebih lanjut. Namu hal tersebut belum dilakukan oleh SMK Negeri 1 Boalemo, sehingga ketika proses belajar mengajar terjadi siswa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan, terutama pada pelajaran komputer dan jaringan dasar yang membutuhkan visualisasi materi tentang proses terjadinya pengiriman data dari setiap model topologi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Interaktif Menggunakan Teknologi Augmented Reality Pada Topologi Jaringan, yang memungkinkan peserta didik akan lebih termotivasi dalam memahami materi tentang topologi jaringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode multimedia development life cycle, yaitu metode pengembangan multimedia yang dilakukan berdasarkan enam tahap yaitu Konsep (Concept), Perancangan (Design), Pengumpulan Bahan (Material Collecting), Pembuatan (Assembly), Pengujian (Testing), dan Pendistribusian (Distribution). Hasil dari penelitian ini berupa media pembelajan interaktif menggunakan teknologi Augmented Reality pada topologi jaringan, dan di rancang menggunakan aplikasi Blender, dan Unity 3D serta database menggunakan Vuforia Engine. Kata Kunci : Augmented Reality, Media Pembelajaran, Multimedia Development Life Cycle. ABSTRACT PORE, RISMANTO. Development of Interactive Learning Media through Augmented Reality Technology in Network Topology at SMK 1 State Vocational High School in Boalemo. (Principal Supervisor: Salahudin Olii, S.T., M.T. Co-supervisor: Moh. Ramdhan Arif Kaluku, S.Kom., M.Kom). Utilization of Augmented Reality technology in the world of education can increase the learning interest and enthusiasm of students. Augmented Reality is able to realize the virtual world into the real world, can turn objects into 3D (three-dimensional) objects so that the learning method is varied and students are motivated to explore. However, this has not been implemented by SMK 1 State Vocational High School in Boalemo, causing students difficulty in understanding the topics presented, especially in computer and basic networking lessons during the learning process, because it requires visualization of material regarding the process of delivering data from each topological model studied. This study aimed to develop interactive learning media using Augmented Reality Technology in Network Topology, which allows students to be more motivated in understanding material about network topology. The method used was the multimedia development life cycle method i.e., the multimedia development method carried out based on six stages, i.e., Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, and Distribution. The results of this study were interactive learning media using Augmented Reality technology on a network topology designed using the Blender application and Unity 3D, as well as a database using the Vuforia Engine. Keywords: Augmented Reality, Learning Media, Multimedia Development Life Cycle.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011