ESSAY

Writer / NIM
ASRAWATI NUR AKUBA / 532417020
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
MANDA ROHANDI, S.Kom, M.Kom / 0014058301
Advisor 2 / NIDN
ROCHMAD MOHAMMAD THOHIR YASSIN, S.Kom., M.Eng / 0020078303
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman, proses pembelajaran tidak hanya dilakukan secara tatap muka. Namun juga dapat dilakukan dari jarak jauh atau dikenal dengan pembelajaran daring. Sejak COVID-19 diumumkan masuk ke Indonesia, pembelajaran daring menjadi proses pembelajaran yang dijadikan sebagai solusi dalam pelaksanaan proses pendidikan di Indonesia. Proses pembelajaran daring tersebut, dilaksanakan melalui media pembelajaran seperti google meet, microsoft teams, zoom, google classroom, quizizz dan lain-lain. Namun penggunaan blended learning ini, membuat peserta didik kesulitan dalam memahami materi yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 4 Gorontalo pada mata pelajaran Sistem Komputer, khususnya materi sistem bilangan dengan presentasi ketuntasan hanya 22,50%. penelitian ini dilakukan untuk mengukur seberapa besar pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pedekatan survei. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran blended learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 4 Gorontalo dengan pengaruh sebesar 23,3%.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011