ESSAY

Writer / NIM
NOVANTO SY. LIHAWA / 532417036
Study Program
S1 - PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Advisor 1 / NIDN
MANDA ROHANDI, S.Kom, M.Kom / 0014058301
Advisor 2 / NIDN
ROCHMAD MOHAMMAD THOHIR YASSIN, S.Kom., M.Eng / 0020078303
Abstract
Dari hasil wawancara tidak terstruktur dengan guru di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo, adanya covid-19 proses pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar menjadi terhambat sehingga guru memberikan materi dalam bentuk ceramah yang menyebabkan proses pembelajaran kurang menarik, maka dari itu dibutuhkan media yang mampu menopang kekurangan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif sebagai alat bantu proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar serta mengukur kelayakan dari media pembelajaran tersebut. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu : 1) Analysys; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; 5) Evaluation. Pengukuran kelayakan dilakukan dengan uji validasi, uji kepraktisan dan uji keefektifan. Hasil penelitian ini adalah (1) hasil pengukuran validasi yang dilakukan oleh 2 ahli media mendapatkan nilai 92,38% dengan kriteria sangat valid sedangkan hasil pengukuran validasi yang dilakukan oleh 2 ahli materi mendapatkan nilai 94,67% dengan kriteria sangat valid. (2) hasil pengukuran kepraktisan yang dilakukan oleh siswa X TKJ sebagai pengguna mendapatkan nilai 90% dengaan kriteria sangat praktis. (3) hasil pengukuran keefektifan media pembelajaran pada siswa X TKJ pada pre test mendapatkan nilai rata-rata 66,5 sedangkan pada post test mendapatkan 80, terdapat perkembangan nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil uji kelayakan media pembelajaran maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interkatif layak digunakan sebagai alat bantu media pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011